Sebagai kebanggaan dan kegembiraan penduduk setempat, tidak mengherankan bahwa ada begitu banyak restoran yang menyajikan coto Makassar saat ada kita berada di kota Makassar. Setiap toko memiliki pelanggan setia, termasuk Coto Ranggong. Gabungan ini adalah favorit mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono setiap kali dia datang ke sini.


Coto Ranggong telah ada cukup lama. Didirikan pada tahun 1965, tidak terlalu luas dan hanya dapat menampung sekitar 20 pelanggan. Ada tanda-tanda aus pada bangunan yang membuatnya terlihat agak tua. Mungkin itu karena lokasi dapur yang ditempatkan di bagian depan restoran.

Saya tiba di Coto Ranggong sekitar pukul 9 pagi, dan untungnya, itu tidak dikemas pada saat itu. Seorang teman saya yang merupakan warga lokal memberi tahu saya sebelumnya bahwa tempat tersebut cenderung ramai saat sarapan. Saya bebas memilih di mana saya ingin duduk, meskipun pilihan yang tersedia terbatas. Saya memesan coto dengan campuran daging sapi dan paru-paru sapi, meskipun ada pilihan lain yang ditawarkan, seperti hati sapi dan babat sapi.

Saat makanan sedang dipersiapkan, saya melihat dapurnya. Tempatnya masih menggunakan oven tradisional yang dipecat kayu yang menyebabkan dinding dan langit-langit tempat menjadi berwarna gelap karena asap yang keluar dari situ. Sangat menarik untuk melihat makanan yang dibuat secara tradisional di dunia di mana hampir setiap aspek kehidupan kita, termasuk memasak, melibatkan teknologi canggih.

Tidak lama kemudian, makanan saya sudah siap. Disajikan dalam mangkuk kecil, sup itu tampak agak bulat— memiliki kemiripan yang mencolok dengan jenis coto Makassar yang pernah saya lihat sebelumnya. Tanpa ragu-ragu, saya langsung masuk. Supnya mengungkapkan rasa yang memicu kenangan indah masa kecilku ketika aku pertama kali merasakan hidangan ini. Daging sapi dan paru-paru sapi lembut di tekstur, menambahkan jenis kelezatan yang berbeda untuk setiap gigitan.

Mengesampingkan ikatan sentimental yang saya alami darinya, coto Makassar ini menghadirkan rasa yang kuat dan unik. Supnya yang dimasak dengan baik dan paru-paru sapi dan daging sapi menampilkan alasan utama mengapa tempat ini telah berhasil diteruskan dan telah dicintai oleh banyak orang selama beberapa dekade.

0 comments: