Siapa yang tahu bahwa sambungan gudeg (rebusan nangka mentah) terbaik di Jakarta dapat ditemukan di Gandaria?

Semuanya berawal ketika saya menjelajah Internet untuk menemukan tempat yang bagus untuk memiliki gudeg. Kemudian nama Gudeg Pak Atmo muncul.



Terlepas dari pemesanan awal saya, saya memutuskan untuk mencobanya. Dengan bantuan Google Maps, tidak terlalu sulit untuk menemukan lokasi. Itu terletak di antara restoran ikan bakar dan restoran Eropa, olahraga eksterior hijau dan parkir terbatas yang hanya dapat memuat hingga tiga mobil kecil.


Itu cukup kosong sore itu, dengan hanya beberapa rekan pelanggan di dalam yang tampak seperti mereka sedang menunggu makanan mereka. Bagian depan bangunan ini memiliki jendela di mana Anda dapat melihat sebuah baskom besar yang diisi dengan berbagai lauk, termasuk gudeg, ayam panggang, sambal krecek (semur kulit sapi pedas) dan telur pindang. Dari pertemuan singkat dengan salah satu karyawan, saya mengetahui bahwa gudeg di sana disiapkan dalam porsi kecil dan dibuat sesuai pesanan dalam upaya menjaga kesegaran dan keasliannya.

Yang mengejutkan saya, Yosef Atmorahardjo - lebih dikenal sebagai Pak Atmo - sebenarnya adalah kepala koki Mangkunegaran dan secara teratur menyajikan masakannya di pesta-pesta kerajaan. Dia pindah ke Gandaria pada tahun 1963 dan membuka toko ini. Tempat ini saat ini dijalankan oleh cucu keenamnya, Cosmas Aprilianto, dengan bantuan ibu dan tiga bibinya untuk menjaga kualitas makanan.

Saya memesan komplet gudeg (rebusan nangka mentah dan semua perlengkapannya). Selain kebanggaan dan kegembiraannya, restoran ini juga menawarkan makanan lezat lainnya, seperti nasi timbel, nasi urap, nasi asem-asem daging, nasi asem-asem daging daging sapi) dan nasi ayam panggang. Gudeg Pak Atmo juga menyediakan layanan takeaway dan katering untuk acara-acara khusus.

Sendok nasi gudeg pertama saya segera mengantarkan saya ke Solo dulu. Komposisi bumbu sempurna - tidak terlalu terkonsentrasi, tetapi juga tidak cukup manis untuk membuat seseorang merasa kenyang setelahnya. Aku bisa merasakan kelezatan telur pindang sampai ke intinya, sementara ayam panggangnya empuk, dimasak dengan rapi dan lezat di dalam dan luar. Aspek lain dari makanan yang membuat saya terperangah adalah nangka manis yang dipadukan dengan lauk. Sambal krecek juga cukup pedas dan cukup gurih.

0 comments: