Di Jl. Minangkabau di Manggarai, Jakarta Selatan, deretan mobil diparkir tepat di depan sebuah toko. Sejumlah meja kayu dan bangku yang disediakan oleh toko ditempati oleh pelanggan menunggu pesanan mereka. Dan kemudian ada aroma memikat yang menyebar melalui udara dari dalam sendi sampai ke lubang hidung saya.



Saya tertarik.

Saya menemukan bahwa ini adalah lokasi Martabak AA yang terkenal. Didirikan pada tahun 1982, moniker Martabak AA berasal dari nama dua pemilik: A Siang (Surya) dan A Kiu (Sulaiman).

Meskipun tidak sepopuler dulu, ia mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang terus meningkat. Sekarang, Martabak AA dapat menjual sekitar 500-600 kotak martabak (boneka panekuk) dan menghabiskan hingga enam hingga tujuh krat telur dalam sehari.


Pelanggan dapat menyaksikan pembuatan masing-masing martabak dengan mata mereka sendiri - mulai dari kerajinan isian dan adonan hingga proses memasak, hingga dimasukkan ke dalam kotak. Aspek unik ini dirancang agar para pengunjung dapat melihat sendiri bahan-bahan yang digunakan dan diyakinkan tentang kualitas martabak.

Meskipun ada meja dan bangku, pelanggan tidak disarankan untuk makan. Selain kekurangan peralatan makan, area tempat duduk umumnya digunakan oleh pasukan pelanggan toko yang menunggu martabak mereka. Namun, Anda bisa mencoba sambungan mie yamin (mie manis) dan siomay (pangsit) di kiri dan kanan Martabak AA sambil menunggu martabak Anda.

Meskipun banyak tempat martabak di sekitarnya, Martabak AA masih populer dengan pelanggan setianya.

Untuk kaum muda saat ini, menu toko mungkin tidak berwarna seperti yang lebih modern setara dan pilihan semua pilihan martabak seperti Oreo, Nutella, Toblerone, beludru merah atau mozzarella, tetapi ini tidak berarti begitu banyak untuk pelanggan lama yang telah terbiasa dengan masakan Martabak AA.

Antrian panjang yang saya temui ketika saya pergi ke sana tidak menyurutkan semangat saya. Saya memilih martabak telur daging sapi (roti lapis goreng yang diisi dengan telur dan daging sapi). Itu cukup mahal dibandingkan dengan martabak telur biasa Anda, yang membuat saya semakin ingin tahu.

Setelah siap, saya membuka kotak itu dan dalam sekejap mulut saya berair. Begitu kental dan kenyang hingga penuh, kelezatannya meledak begitu aku menggigitnya. Itu menjadi pengalaman martabak baru bagi saya.

Jelajahi lebih banyak masakan Indonesia di sini. (kes)

0 comments: